Serangkaian dengan seminar internasional yang diadakan oleh Prodi Teknik Perminyakan, Universitas Islam Riau, pada Selasa (25/06/209) Perpustakaan Universitas Islam Riau menerima kunjungan dari perwakilan Sebha University, Libya yang satu diantaranya juga turut menjadi pembicara utama kegiatan tersebut. Mereka adalah Dr. Mohamed Erhayem (Wakil Rektor Sebha University),  Dr. Almbrok Hussin Alsonosi Omar (Direktur Pascasarjana Sebha University), Dr. Abdalmunaem Igrirah (Direktur Hubungan Kerjasama Internasional Sebha University), dan Mr. Mohammed Alsharif Massoud.

Kunjungan mereka disambut baik oleh Plt. Kepala, pustakawan dan karyawan perpustakaan. Pustakawan Universitas Islam Riau, Winda Monika, S.Pd., M.LIS memberikan tour singkat dan menjelaskan dengan seksama layanan, koleksi, dan fasilitas baik online dan offline yang ada di Perpustakaan UIR. Turut hadir pula ketua divisi publikasi dan jurnal UIR, Dr. Arbi Haza Nasution, B.IT(Hons), M.IT menjelaskan tentang jurnal yang dikelola oleh UIR.

Kepala program studi perminyakan, Dr. Muslim Abdurrahman mengemukakan bahwa “baiknya tiap tamu dari luar yang berkunjung ke UIR sekalian diajak ke perpustakaan sebagai salah satu kegiatan promosi perpustakaan UIR dan mencari peluang kerjasama”. Pada pertemuan hari ini, Winda Monika mendemokan sistem informasi yang baru dibangun untuk perpustakaan UIR yaitu “voice search lib UIR”. Dengan sistem ini, pengguna perpustakaan bisa mengakses OPAC dengan menggunakan perintah suara (speech recognition). Diakhir kegiatan, perwakilan dari Sebha University diajak bermain tebak-tebakan tentang sejauh mana mereka mengetahui UIR menggunakan Google Home. Perwakilan dari Sebha University begitu terkesan dengan teknologi yang Perpustakaan UIR miliki. Kedepan sebagai upaya memperkuat MoU yang telah dimiliki, kerjasama perpustakaan akan dimasukkan ke dalam butir kesepakatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *